April 17

Rahasia Coaching bersama Points of You : “Ternyata Hormon-hormon Bahagia ini Meningkat!”

1  comments

Sudah ada banyak orang dibuat penasaran dengan pengalaman coaching bersama Points of You. Mereka bertanya-tanya apa rahasia coaching bersama tools kreatif dari Points of You. Bagaimana bisa media kreatif berbasis visual ini membangkitkan perasaan senang, exciting, fun, bahagia.

Bagi Anda yang pernah melakukan coaching atau di-coaching dengan kartu Points of You mungkin merasakan hal yang sama dengan apa yang selama ini saya rasakan. Terkadang saya jadi merasa “ketagihan” untuk terus menemukan hal-hal positif, sudut pandang baru, dan hal-hal yang memberi “Aha! moment” bagi diri saya.

Perasaan-perasaan positif ini bukan hanya terjadi pada klien atau teman yang kita ajak coaching dengan Points of You namun juga terjadi dalam diri kita yang berperan sebagai Coach dalam permainan ini. Kita juga ikut merasakan kesenangan, kepuasan, rasa exciting ketika klien atau teman kita menemukan insight yang berarti bagi diri mereka.

Points of You® Tingkatkan 4 Jenis Hormon Bahagia ini Selama Proses Coaching

Sebenarnya apa yang sesungguhnya sedang terjadi? Apakah ini sekedar efek dari penemuan insight selama coaching yang membawa emosi positif bagi diri kita atau lebih dari itu? Ternyata pengalaman positif ini terjadi karena ada kerja hormon-hormon “bahagia” di dalam tubuh kita yang terpicu untuk berproduksi ketika kita coaching dengan Points of You.

Hormon-hormon ini juga berperan sebagai neurotransmiter, yaitu senyawa kimia yang diproduksi oleh sel saraf atau kelenjar endrokrin dalam tubuh yang terproduksi dalam kondisi tertentu atau ketika tubuh melakukan aktivitas tertentu. Hormon atau neurotransmiter ini antara lain adalah: GABA (Gamma-Aminobutyric Acid), dopamin, serotonin, dan oksitoksin.

“Metodologi di Points of You : PAUSE – EXPAND – FOCUS – DOING”

GABA adalah neurotransmiter yang membantu mengurangi stres, menimbulkan sensasi rileks, dan nyaman. GABA terpicu ketika kita melakukan aktivitas yang menenangkan seperti relaksasi, deep breathing, juga ketika mendengarkan musik lembut. Ini yang terjadi ketika kita masuk ke tahap pertama dari proses Points of You yaitu moment PAUSE, kita menjadi lebih rileks dan tenang. Kondisi tubuh yang rileks dan tenang mendorong otak berfungsi lebih optimal dan pikiran menjadi lebih fokus untuk masuk ke dalam proses selanjutnya.

Selain GABA yang terproduksi, ternyata dopamin dan serotonin juga terpicu ketika seseorang mendengarkan musik. Serotonin berperan penting dalam tubuh untuk mengatur suasana hati, pola tidur, kesehatan pencernaan, kemampuan belajar dan memori. Serotonin dan dopamin sangat dikenal sebagai hormon bahagia.

Secara khusus dopamin berperan dalam reward system. Dopamin memberi sensasi senang, bahagia, nyaman, puas di dalam diri. Kadar dopamin dalam otak meningkat ketika seseorang dapat mencapai tujuan atau target yang diharapkan, mendapat sesuatu yang menyenangkan seperti seks, makanan, uang, termasuk juga penyelesaian suatu proyek atau masalah.

Dopamin mendorong seseorang untuk terus termotivasi untuk mendapat kembali apa yang menyenangkan tersebut. Hormon ini mendorong pula munculnya kreativitas dan semangat untuk terus belajar dan memperluas sudut pandang selama proes coaching. Sebuah penelitian di Medical University of WINA menyebutkan bahwa dopamin makin nampak aktif di otak ketika seseorang berhasil memecahkan masalah dan menemukan “Aha! moment” dalam dirinya.

“Points of You merupakan tools yang ringan, fun but deep untuk bisa semakin exploratif membuka pikiran dan memahami perasaan diri sendiri maupun orang lain secara dalam.

Nora Bawazier (Trainer & Coach at NLP Indonesia, Komisaris Bank Syariah HIK, Owner & Chef of NORA Gelato)

Unexpected but Precise : AHA! Moment di Points of You® yang Memicu Produksi Dopamin

Kita tahu dalam proses percakapan coaching umumnya, Coach akan melakukan elaborasi pemikiran kreatif Coachee melalui serangkaian pertanyaan. Uniknya dari sesi coaching bersama Points of You, para Coach akan mengkombinasikan pertanyaan mereka dengan media visual yakni foto (visual coaching). Dengan begitu Coachee jadi punya ruang spesial untuk melakukan internal dialog bersama dirinya.

Tahapan ini di Points of You disebut dengan EXPAND. Coachee akan memilih foto dan kemudian mengobservasinya. Disini Coachee sendiri yang memaknai dan menemukan relasi antara foto dengan perasaan, pikiran atau kondisi masalahnya saat ini. Melihat permasalahan dari perspektif yang lebih luas, menangkap pesan pembelajaran yang selama ini mungkin terlewat, bahkan menstimulasi ide-ide kreatif yang selama ini belum pernah disadari.

Dan saat konektivitas itu berhasil terekspose melalui foto, kita akan merasakan adanya sebuah kejutan seperti sengatan listrik kecil dalam tubuh kita. Sesuatu yang belum pernah terpikirkan, tiba-tiba muncul di permukaan. Dan sekejap membuat kita merasa sangat hidup dan antusias.

Mereka sering mengenalnya dengan fenomena Aha! moment” . Di dunia Points of You, kami menyebutnya Unexpected but Precise. Dalam proses inilah dopamin terpicu dam membuat kita merasakan sensasi-sensasi tersebut. Bahkan selanjutnya di tahap FOCUS seseorang menyimpulkan insight baru yang didapat, menemukan sudut pandang baru yang ia peroleh berkaitan dengan diri atau tujuan yang ingin dicapainya. Tak heran dalam proses ini muncul rasa senang, puas, dan makin exciting untuk mengambil aksi (DOING) serta terus menemukan sudut pandang baru yang membuat hidupnya makin positif.

“Kita merasa lebih mudah terkoneksi dengan masalah dan topik saat memakai Points of You dan semua pilihan fotonya saling berkaitan dan mengena di tiap kasus.”

Lika Satvarini (Professional Trainer & Coach)

Boosting Extra Hormon melalui Group Coaching bersama Points of You®

Melakukan visual coaching untuk grup / kelompok dengan Points of You entah secara online maupun onsite, tentu melibatkan diri kita bersama orang lain. Dalam proses itu kita mempunyai kesempatan untuk membagikan insight yang kita dapatkan maupun mendengarkan teman atau orang lain membagikan insight-nya. Tidak jarang kita menemukan insight bagi diri sendiri justru setelah mendengarkan orang lain bercerita.

Kita tertawa bersama, saling memberi apresiasi, merayakan penemuan dan kebahagiaan bersama. Inilah yang sebenarnya sedang terjadi yaitu terbentuknya “emotional bonding” yang memicu bekerjanya hormon cinta atau hormon oksitoksin dalam diri kita.

Dalam proses ini kehadiran oksitoksin juga memicu pelepasan hormon bahagia dopamin. Hormon oksitoksin memiliki kaitan erat dengan empati, kepercayaan, dan merupakan penguat ikatan cinta pasangan maupun orangtua-anak, termasuk juga interaksi sosial. Hormon ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh dan kesehatan mental seperti mengatasi depresi dan kecemasan. Bagi para wanita, hormon ini meningkatkan fungsi reproduksi, aktivitas seksual, sangat berperan penting dalam persalinan dan menyusui.    

Sekarang kita jadi semakin memahami bagaimana hormon-hormon bahagia muncul dan aktif bekerja di dalam tubuh kita saat asik melakukan coaching bersama Points of You. Hormon-hormon yang bukan saja memicu perasaan positif, membangun motivasi, namun juga sangat mendukung kesehatan fisik dan mental kita. Jadi tunggu apa lagi, ayo terus berproses dengan Points of You.

“Enjoy the process, trust the process, and boost your happy hormones!”

PS : Bagi Anda yang baru tahu Points of You dari rekan Anda atau saat berselancar di media sosial, Anda juga punya kesempatan untuk mengenalnya lebih dekat dan merasakan langsung pengalaman coaching dengan Points of You, DISINI. Dan bersiaplah untuk jatuh cinta pada pandangan pertama!

“Simple but Magic..! Points of You sangat powerful. Kita bisa melihat apa yang tidak terlihat dalam diri. Membuat kita menyadari The Magic in Me.”

Jacub Mulyadi (Life Coach & Enterpreneur)

Points of You menjadi Master Key untuk membuka segala Pintu menuju Self Awareness yang terkadang Coachee sendiri tak sadar memilikinya.

Cakra Wiyata (Business Coach)

Pranala Luar :

“The Neurochemicals of Happiness”. https://www.psychologytoday.com/us/blog/the-athletes-way/201211/the-neurochemicals-happiness

 “How to Hack Your Hormones for a Better Mood”. https://www.healthline.com/health/happy-hormone

“Aha! moments linked to dopamine-producing regions in the brain”. https://www.gold.ac.uk/news/aha-moment-dopamine/

“Ocytocin and Dopamine: The Reward of Socializing”. https://ndnr.com/naturopathic-news/oxytocin-and-dopamine-the-rewards-of-sociability/

17 April 2022, written by :

Stefani Sutedjo, S.Psi., MAKP

Konselor & Explorer Points of You Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You may also like

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350