February 17

Picture in Training

2  comments

A PICTURE IN A TRAINER’S WORK – POINTS OF YOU® AND NEURO – SCIENCE

Oleh EWA HARTMAN – PhD, Certified Points of You® Trainer, Certified HeartMath Trainer, Dosen. Direktur Program Pascasarjana Neuro-Leadership di Universitas Łazarski, Polandia.

Points of You® dan neuro-science, bagaimana kedua hal itu berkaitan…

Sejak saya menjadi Certified Trainer Points of You®, saya telah bermain dengan kartu-kartu itu. Semakin sering saya bermain, semakin saya menghargai dan mengagumi para pencipta tools ini beserta seluruh daya upaya mereka dalam menciptakan tools ini – Efrat Shani dan Yaron Golan.


Efrat Shani dan Yaron Golan – Founder Points of You®

Saya banyak bekerja dengan perusahaan-perusahaan dan terlepas dari kenyataan bahwa klien perusahaan dianggap sulit, tools Points of You® benar-benar bekerja dengan sangat baik di lingkungan perusahaan. Peserta mampu menciptakan ide-ide baru, menemukan kepuasan terdalam dengan pekerjaan mereka, dan mulai berkomunikasi satu sama lain.

Dan ini baru beberapa manfaatnya …

Sejak saya masih kecil, saya selalu ingin menjadi seorang ilmuwan. Seseorang yang menciptakan, bereksperimen dan menemukan hal baru. Seseorang yang menjelajah ke tempat yang belum pernah terjangkau siapapun. Namun saya belum punya cukup keberanian untuk meninggalkan semuanya dan pergi jauh. Tools Points of You® inilah yang kemudian mewujudkan impian saya yang belum terwujud.

Tools ini mampu menemukan apa yang menggerakkan kita, menjangkau tempat-tempat yang tidak dapat kita akses, dan memperluas perspektif kita melalui pengalaman-pengalaman yang baru. Mereka yang telah berproses bersama dengan Tools Points of You® pasti mengenal cara kerja kartu-kartu ini – Unexpected but Precise.


Faces – Points of You® Tools

Oleh karena jiwa seorang ilmuwan yang selalu ingin tahu masih hidup dalam diri saya, jadi saya bertanya mengapa… Apa yang sesungguhnya terjadi ketika sebuah gambar, sebuah kata, atau sebuah pertanyaan muncul di hadapan kita? Begitu pula beberapa respon yang diajukan oleh para ahli, misalnya, apa yang membuat proses Pause begitu penting? dan apa yang dapat dihasilkan dari sudut pandang yang baru?

PAUSE

Dari sudut pandang neuro-science, sejumlah proses pemikiran tertentu hanya bisa terselesaikan secara utuh ketika kita menenangkan diri. Saat kita menerima begitu banyak informasi, otak kita seakan-akan tertekan ke bawah karena kelebihan informasi sehingga tidak mampu merangkai informasi-informasi yang datang kepadanya. Itulah sebabnya di setiap workshop Points of You® kita selalu awali dengan Pause. Faktanya, Pause ini membawa dampak yang sangat signifikan.


Foto diambil saat – Program Training Points of You® Level 2

Sejenak melepaskan diri dari pikiran yang sibuk dan jatuh ke dalam alunan musik dapat menurunkan kadar kortisol kita, yaitu hormon stress. Hal ini memungkinkan pikiran kita untuk mengatur ulang dirinya sendiri. Merapikan kembali, mengelompokkan ulang, atau bahkan menghapus beberapa hal akan menciptakan ruang untuk informasi/insight baru yang datang bersama dengan kartu pertama. Tanpa menjernihkan pikiran kita, perhatian kita tetap terpecah, dan pikiran kita sendiri tidak akan tahu harus mulai dari mana. Tingkat kortisol yang meningkat dapat mengganggu pemikiran kreatif, membuatnya lebih sulit untuk berpikir di luar kotak. Tanpa Pause, insight yang muncul pada kartu akan menjadi dangkal dan tidak terlalu memuaskan bagi peserta proses. Jika Anda mengharapkan proses penggalian diri yang lebih dalam dari peserta, atau jika tujuan workshop Anda adalah inovasi, jangan abaikan proses ini.

EXPANDING

Kemudian sebuah kartu gambar, kartu kata, atau kartu pertanyaan… Ini menstimulasi pemikiran kita dalam konteks topik yang sedang kita amati. Pikiran kita akan mulai mengatur segalanya, meletakkannya dalam kelompok-kelompok dan bekerja dalam pola yang hanya diketahuinya sendiri begitu lama hingga ia mampu menerima konten baru yang menarik dan mengubah pengaturan dalam pengelompokkannya. Tanpa sudut pandang yang baru, kita seakan-akan mengejar ekor sendiri. Kita menginginkan hasil yang berbeda tetapi kita akhirnya mengulangi tindakan yang sama yang selalu kita ambil.


Foto diambil saat – Program Training Points of You® Level 2

Dengan kartu-kartu Points of You®, kita menemukan sudut pandang baru lalu menciptakan sebuah jalur saraf baru, dan jalur-jalur lainnya. Memperluas sudut pandang secara harfiah memperkuat pikiran kita dan mencegah proses penuaan. Semakin banyak sudut pandang, atau yang dimaksud di sini adalah jalur saraf di dalam otak, semakin mudah kita melihat kemungkinan, semakin baik kita menangani perubahan, semakin baik kita berkomunikasi dan membongkar keyakinan yang menghambat kita. “Kami memperhatikan bahwa dunia ini tidak datar seperti yang terlihat”, dan seperti inilah gambaran prosesnya.

INTUITIVE THINKING

Kartu-kartu Points of You® mengoptimalkan pemikiran intuitif kita. Menurut neuro-science, intuisi kita adalah gudang dari pengalaman terbaru yang terkoneksi dengan emosi kita. Intuisi bekerja saat kita harus membuat sebuah keputusan secara mandiri terlepas dari kehendak kita.


Foto diambil saat – Program Training Points of You® Level 2

Berkonsentrasi pada kartu tidak hanya menenangkan pikiran kita tetapi juga memungkinkan kita mendengarkan sinyal yang berasal dari intuisi kita. Ini seperti halnya pikiran kita sedang mengevaluasi apa yang sedang terjadi sekarang melalui prisma yang terbuat dari hal-hal yang telah terjadi sebelumnya lalu memberi kita saran. Saran-saran ini sebenarnya sinyal yang sering termanifestasikan dalam sensasi tertentu yang muncul pada tubuh kita. Dalam situasi yang hiruk pikuk, dengan mudahnya kita akan kehilangan jejaknya.

Terlebih lagi, melalui gambar atau kata, kita akan mendapatkan stimulus baru yang mengarahkan perhatian kita ke tempat yang berbeda. Dengan begitu, alih-alih mendengar hal yang sama yang selalu kita dengar dari intuisi kita dalam situasi yang sama, kita dapat mendengar sesuatu yang baru untuk sebuah perubahan.


Foto diambil saat – Program Training Points of You® Level 2

Dengan kartu-kartu Points of You® memungkinkan kita untuk berkomunikasi. Ketika kita berkomunikasi melalui gambar, kita bercerita atau berbagi informasi melalui kartu foto, kartu kata atau peta proses. Kita sedang bergerak memutar, alih-alih berbicara langsung dan berhadapan langsung dengan mekanisme pertahanan pikiran kita. Karena sekali benteng pertahanan ini menguat, masukan baik pun bisa dianggap sebagai konfrontasi yang berlanjut pada serangkaian pembelaan-pembelaan diri.

Keadaan seperti inilah yang seringkali melemahkan komunikasi, mengganggu pemikiran dan sulit untuk menarik kesimpulan, lalu kita bisa lupa untuk saling memahami satu sama lain.

Itulah sebabnya kita bersama dengan Points of You® memperkuat neuroplastisitas otak kita. Mari memberi diri dan memberikan hadiah terbaik bagi orang lain yaitu RUANG UNTUK BERTUMBUH.

Sumber : www.pointsofyou.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

    1. Hai Bu Susi, perkenalkan saya tim Points of You Indonesia, salam kenal…
      Points of You ini adalah tools kreatif untuk coaching, training dan konseling Bu Susi. Apakah Bu Susi mau coba bermain bersama kami?

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You may also like

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350