February 17

Leadership – The Next Level

0  comments

LEADERSHIP – THE NEXT LEVEL

Oleh LELU PACHECO – Certified Points of You Trainer, Coach/ Organizational Psychologist, Human Resources Professional accredited by SHRM and HRCI, Co-Founder and CEO, Co-Emerging Consultants, Inc.

Cara Sederhana Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan Anda ke Tahapan Selanjutnya.

Kita tahu bahwa leader adalah motor utama dari sebuah organisasi. Keberhasilan atau kehancuran sebuah Organisasi sangat bergantung pada keputusan yang mereka buat. Keputusan-keputusan merekalah yang mempengaruhi proses perekrutan, keterlibatan, pengembangan, dan performa tim. Para leader di zaman ini perlu menguasai sebuah seni bagaimana memimpin, melibatkan orang lain, dan meraih tujuan.

Model kepemimpinan lama yang cenderung otoriter, mengendalikan dan memberikan hadiah atau bonus atas kinerja tim tidak lagi berpengaruh di zaman ini. Para senior leader perlu belajar keterampilan coaching untuk dapat mencapai tujuan dan mencapai target bersama tim, dengan berkontribusi pada pengembangan pribadi dan profesional mereka.

Keterampilan coaching meningkatkan kecerdasan emosional di tempat kerja, dan coba tebak!? Sembilan puluh persen pemain papan atas memiliki tingkat kecerdasan emosional yang lebih tinggi daripada rata-rata, menurut Travis Bradberry, penulis Emotional Intelligence 2.0.

Saat ini saya adalah HR Director untuk sebuah organisasi nirlaba di Amerika Serikat, dan saya memanfaatkan pertemuan 1: 1 dengan karyawan saya untuk melakukan coaching menggunakan tools Points of You®.

Dengan menggunakan The Coaching Game dari Points of You®, Anda dapat memandu percakapan yang otentik dengan karyawan Anda, mendorong perubahan positif, menciptakan lingkungan kerja yang terpusat secara emosional, dan pada akhirnya berdampak pada budaya organisasi Anda.

Apakah Anda siap untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan Anda ke tahap selanjutnya?

Coba langkah mudah ini di dalam pertemuan coaching 1: 1 berikutnya dengan karyawan (Coachee) Anda!!!

Hadir 100%


Level 2. Points of You® International Certification Training Program

Ijinkan diri Anda menyesuaikan diri dengan suasana hati yang baru, luangkan waktu sejenak dan pusatkan diri Anda sebelum melakukan pertemuan.

Non-aktifkan segala alat komunikasi Anda dan hadir sepenuhnya. Agar Anda benar-benar melibatkan orang lain dan menciptakan koneksi yang bermakna, Anda perlu membungkam suara batin Anda dan memberi perhatian seutuhnya.

Gunakan The Coaching Game untuk mencerahkan pertemuan Anda


Coaching Session using The Coaching Game – Tools Points of You® by Lelik Adiyanto (Certified Practitioner – L.2 Points of You Indonesia)

Letakkan kartu The Coaching Game secara Facing Up di atas meja dan minta karyawan (Coachee) Anda untuk:

  1. Pilih 1 kartu yang mewakili peran mereka dalam organisasi
  • Ini adalah saat yang tepat untuk mempelajari bagaimana karyawan (Coachee) Anda memahami peran mereka.
  • Minta mereka untuk berpikir di luar tugas sehari-hari dan memikirkan tujuan sebenarnya dari pekerjaan mereka.
  • Mengapa penting bagi mereka untuk melakukan apa yang mereka lakukan.
  1. Pilih 1 kartu yang mewakili apa yang mereka sukai
  • Apa yang membuat mereka bersemangat, menginspirasi mereka, dan memotivasi mereka tentang pekerjaan dan kehidupan mereka secara umum.
  • Ini adalah peluang bagus untuk mempelajari lebih lanjut tentang karyawan (Coachee) Anda sebagai manusia, preferensi mereka, dan bahkan keterampilan tersembunyi mereka.
  • Adakah perbedaan antara peran mereka dalam organisasi dengan passion mereka
  • Renungkan hal ini dengan karyawan Anda lalu minta mereka untuk….
  1. Pilih 1 kartu yang menggambarkan hal yang dapat menjembatani antara posisi mereka di organisasi dan passion mereka.


The Coaching Game – Tools Points of You®

Kartu ini dapat memberi Anda dan karyawan (Coachee) Anda perspektif baru tentang cara menciptakan peluang baru atau memanfaatkan peluang yang ada.

  • Anda dapat memelihara dan mempertahankan bakat mereka dengan memberikan mereka peluang bagi pengembangan pribadi dan professional mereka.
  • Bentuknya dapat berupa apa saja, mulai dari pelatihan kepemimpinan atau mendapatkan keterampilan baru, atau sekadar mengejar sesuatu yang menginspirasi mereka.

5 Tips Agar Pertemuan Coaching Anda Efektif :

  • Mendengarkan

Leader yang mau mendengarkan dapat membangun kepercayaan dan menciptakan relasi yang otentik dan loyal dengan Karyawan (Coachee). Mendengarkan dalam keheningan. Hal ini memampukan Anda mengamati bahasa tubuh, ekspresi wajah, suasana hati, dan respons umum dari Karyawan (Coachee).

  • Tunjukkan Rasa Penasaran

Keingintahuan menjauhkan Anda dari kecenderungan untuk memberikan penilaian dan membantu Karyawan (Coachee) Anda untuk menjatuhkan pertahanan mereka.

  • Kenali Kekuatan

Seorang leader yang hebat akan membantu tim mereka untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.

Gaya kepemimpinan konvensional yang selalu menuntut kita untuk selalu menemukan dan memperbaiki kesalahan dan kelemahan kita, sudah ketinggalan zaman.

Dewasa ini, para leader harus merangkul keunikan dan kekuatan masing-masing anggota tim mereka untuk memastikan bahwa mereka tidak hanya berhasil di tempat kerja tetapi juga berhasil sebagai pemimpin dalam kehidupan mereka.

  • Memberdayakan Karyawan (Coachee) Anda

Bersedialah untuk mengembangkan bakat mereka dan ajak mereka bertanggung jawab atas pertumbuhan mereka.

  • Menyediakan Arah

Anda dapat memberi tugas kepada karyawan (Anda) Anda yang akan membantu mereka bergerak menuju tujuan mereka dan menciptakan transformasi yang diinginkan.

Anda bisa meminta mereka melakukan penjurnalan, menuliskan hasil pengamatan, atau menghadapi situasi yang membuat stres, dan sebagainya.


Group Session with ASN BNN by Bambang Styawan (Certified Practitioner – L.2 Points of You Indonesia)

Tools Points of You® dapat digunakan dalam berbagai area dalam organisasi, seperti proses allignment tim, rapat kerja tahunan, atau diskusi kelompok yang mendorong transformasi positif bagi budaya perusahaan dengan mengembangkan ruang untuk berdialog, berempati, dan berkolaborasi.

Sumber : www.pointsofyou.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You may also like

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350