December 3

7 MANFAAT COACHING TOOLS AGAR MAKIN BERDAMPAK

5  comments

Coaching yang konvensional memang identik dengan mengajukan pertanyaan secara verbal, tapi seiring perkembangan jaman sekarang banyak berkembang coaching tools. 
 
“Ternyata ngga gampang juga ya jadi Coach? Keliatannya aja cuma bertanya dan dengerin orang.”
“Ah, seandainya saja coaching itu sesederhana yang dibayangkan”
 
 
Sesungguhnya esensi coaching adalah pemberdayaan, bagaimana kita bisa membawa seseorang dari kondisi tidak berdaya menjadi lebih berdaya. Hal ini bisa diamati dari pergerakan cara pandang hingga berbuah pada suatu tindakan konkret.
 
Maka penting bahwa seusai sesi coaching, seseorang mampu melakukan minimal satu tindakan atau memiliki sudut pandang baru. Sayangnya, proses coaching seringkali tidak berjalan seindah bayangan. Itu mengapa ada coaching tools untuk membantu Coachee menjadi lebih terbuka dan mendapatkan banyak insight yang kemudian diwujudkan dalam rencana tindakan. Sekarang bebas pusing jika dapat Coachee yang tertutup, kesulitan menyampaikan perasaan, atau stuck dengan ide pemikirannya.
 
 

Ada Apa dengan COACHING TOOLS?

Coaching tools merupakan media yang digunakan selama proses coaching agar Coachee mudah menemukan sudut pandang baru atas permasalahannya. Dengan demikian Coachee bisa mendapatkan pencerahan terhadap isu yang sedang dihadapi.
 
(Dapatkan juga :  Kumpulan Pertanyaan Coaching yang Efektif)
 
Selain pertanyaan, ada banyak ragam coaching tools yang berkembang sekarang ini. Ada yang berupa lembar kerja (worksheet), coaching board dan lainnya. Menariknya ada coaching tools yang berbasis visual dari Points of You® yang diciptakan secara kreatif dan inovatif. Hal ini terlihat dari kemasan yang artistik, isinya menarik dan metode yang digunakan sangat terstruktur sehingga siapa saja bisa membawakan sesi coaching.
 
 
Pasti Anda juga jadi penasaran, seberapa berdampak coaching tools berbasis visual ini dalam proses coaching. Oleh karena itu, kami telah merangkum 7 Manfaat Menggunakan Coaching Tools Berbasis Visual :
 
 

#1. EFFECTIVE DIALOGUE

Tidak dapat disangkal, keberhasilan proses coaching bergantung pada kualitas relasi antara Coach dengan Coachee. Coach perlu memiliki kemampuan membangun relasi yang hangat dan terpercaya. Namun, tidak semua Coach sabar dan telaten melakukan hal ini. Seringkali proses coaching tidak berjalan efektif akibat relasi yang belum terbangun dengan baik.
 
Penggunaan coaching tools berbasis visual, membantu menciptakan safety net, yaitu kondisi coaching yang aman dan nyaman bagi Coachee. Selain itu, “Photos speaks thousand words”, ini membuat Coachee mudah mengungkapkan emosi dan perasaannya yang biasanya sulit diungkapkan melalui kata-kata, sekarang ia bisa mendeskripsikannya melalui foto.
 

#2. BY PASS LOGIC

Pernahkah Anda mendapati Coachee yang suka berputar-putar? Saat Anda gali selapis lebih dalam masalah yang sesungguhnya, Coachee menunjukkan gesture tidak nyaman dan kemudian melantur ke cerita lainnya.
 
Situasi ini tentu menyulitkan kita untuk bisa menemukan akar masalahnya. Inilah saatnya menggunakan bantuan coaching tools untuk membantu Coachee nyaman menghadapi masalah sesungguhnya. Mengapa?
 
  • Karena tidak semua Coachee dapat mengkomunikasikan pemikiran dan perasaannya dengan runut dan terstruktur
  • Banyak hal yang tidak disadari Coachee dan perlu usaha ekstra untuk diungkap hanya melalui pertanyaan – pertanyaan
  • Hal – hal yang menyakitkan atau membuat tidak nyaman cenderung disembunyikan
Coaching tools Points of You® yang berbasis visual ini mampu menembus batas logika seseorang, menggali pengalaman hidup dan nilai – nilai yang diyakini Coachee.
 

#3. DEALING WITH NET GENERATION

Mengakomodir pola komunikasi “Net Generation” yang lebih banyak menggunakan bahasa visual dibandingkan verbal, maka penggunaan coaching tools berbasis visual menjadi hal yang menarik. Points of You® secara visual dapat diterima dengan mudah oleh berbagai generasi terutama generasi millennial.
 
Melalui media visual yang didesain secara kreatif, proses coaching juga terasa menyenangkan dan tidak menegangkan. Foto-foto dalam Points of You® menjadi stimulus untuk mengaktifkan otak kanan, yaitu ruang kreativitas Coachee untuk menemukan alternatif solusi dari permasalahan yang ia hadapi.
 

#4. EXPANDING

Dalam proses coaching, peran Coach sangat penting dalam membangkitkan kesadaran Coachee. Saat kesadaran sudah muncul maka perlahan – lahan akan muncul penemuan insight dalam diri yang berujung pada tindakan.
 
Membangkitkan kesadaran Coachee artinya memperluas sudut pandang dan pemikiran.
Hal yang sering dilakukan untuk memperluas sudut pandang dan pemikiran adalah melalui pertanyaan. Pernahkah Anda merasakan bahwa pertanyaan yang Anda ajukan terlalu dangkal dan tidak cukup kuat menguak sisi blind spot Coachee?
 
Apa yang Anda lakukan setelah mengkonfirmasi insight yang didapat Coachee, ternyata jawabannya seperti ini :
 
  • Saya tidak melihat apa – apa Coach
  • Saya tidak menemukan sesuatu Coach
  • Saya merasa sama saja, tidak ada perubahan
Seseorang akan mampu menemukan peluang apabila ia melihat. Itu sebabnya coaching tools yang dibuat secara visual seperti Points of You® sangat membantu seseorang untuk membuka pikiran dan mendapat insight secara langsung dari tools yang digunakan.
 
Seperti pengalaman para Coach, Trainer, dan Counselor yang terbantu oleh coaching tools Points of You® selama proses coaching dan pengembangan diri individu / kelompok >>> TONTON DISINI.
 

#5. DIVERSE SETTING

Apa yang Anda bayangkan, ketika jangkauan layanan coaching Anda semakin luas, usia audiens dan isu yang dihadapi beragam?
 
Jika Anda punya coaching tools yang tepat dan fleksibel digunakan untuk menangani klien berbagai usia, beragam isu baik individu maupun kelompok, masa ngga mau?
 
Umumnya tools hanya spesifik untuk satu isu tertentu, tapi disinilah Points of You® berbeda. Ia dapat digunakan saat one on one, kelompok kecil atau bahkan kelompok besar yang mencapai ratusan orang. Selain itu, dapat digunakan untuk beragam isu/topik, mulai dari kepemimpinan, pengembangan diri, pendidikan, kesehatan, parenting, relationship, maupun alignment value.
 
Points of You® juga bisa diaplikasikan untuk klien mulai anak – anak (4 tahun) sampai lansia. Fakta ini menunjukkan bahwa Points of You® dapat digunakan untuk beragam isu manusia di seluruh belahan dunia.
 
 

 

 

 

 

 

 

 

#6. UNEXPECTED BUT PRECISE

Setelah aspek psikologis Coachee digali menggunakan teknik proyektif – kartu foto yang mampu menembus aspek bawah sadarnya sehingga yang terkuak tidak sekedar surface problem. Pada kondisi inilah seringkali Coachee menemukan hal – hal yang tidak terduga, tidak terpikir sebelumnya namun ternyata tepat – Unexpected but Precise.
 
Namun sesi coaching baru dikatakan efektif jika ada tindakan konkrit yang dilakukan Coachee setelah mendapat insight dari proses yang dilakukan. Rumusan tindakan konkrit sebenarnya merupakan hasil dari penggalian yang dilakukan secara sadar pada proses sebelumnya.
 
Ini bagian yang menarik! Coaching tools Points of You® rupanya juga punya metode yang menghantarkan Coachee tidak hanya sampai mendapatkan insight tapi sampai mewujudkan insight itu dalam rencana tindakan.
 

#7. EFFICIENT

Berapa banyak waktu & berapa besar energi yang Anda habiskan untuk membantu seseorang keluar dari masalahnya?
 
Apalagi jika Anda sedang tidak mood tapi mau ngga mau harus melakukan coaching… Apakah Anda masih mampu memberikan layanan coaching secara produktif?
 
Kondisi semacam ini memang manusiawi terjadi dan tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, Anda butuh coaching tools seperti Points of You®. Anda akan sangat terbantu dari sisi efisiensi waktu dan tenaga Anda, serta tentunya mengakselerasi kompetensi Anda dalam coaching.

 

Bagaimana Mendapatkan COACHING TOOLS Points of You®?

Siapa pun Anda, Anda bisa memiliki dan memainkan coaching tools Points of You®. Tidak ada syarat pendidikan tertentu untuk bisa mempelajarinya. Anda bisa menguasai teknik-teknik dasarnya di Points of You® Academy. (Baca Selengkapnya : Mengapa Kita Butuh Points of You® Academy)
 
Saat ini workshop-workshop Points of You® Academy bisa diikuti secara online maupun face to face di berbagai kota di Indonesia maupun di manca negara. Anda bisa terkoneksi dengan Points of You® Team untuk berkonsultasi tentang jadwal dan rencana pembelajaran Points of You® Anda.
 
​Selamat merasakan keuntungan menggunakan Coaching Tools Points of You® dalam profesi dan peran Anda di keseharian. Silakan share artikel ini kepada kerabat apabila Anda merasakan manfaat untuk menambah pengetahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

    1. Hai Pak Nehru…
      Yuk, cari tahu lebih banyak, kami punya sesinya nih di hari Kamis tanggal 27 Agustus ini. Berkenan bergabung Pak?

  1. Wah Hebat,… intinya bagaimana kita memiliki kemampuan untuk membuka peta pikiran, proses pikiran orang lain yang mereka ungkapkan ketika melihat gambar-gambar. wah aaya tertarik, apakah ada buku2nya untuk menambah pemahaman saya…. saya suka belajar dan mencoba hal2 baru terutama dalam bidang komunikasi dan motivasi…

    1. Haii Pak Yosef kami punya metode dan tools untuk membantu menambah pemahaman Bapak dalam bidang komunikasi dan motivasi.
      Apakah Bapak ada no wa yang bisa kami hubungi, untuk kami sampaikan informasi detailnya

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You may also like

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350