September 20

Future Of Coaching – 7 Tren Coaching Yang Perlu Dipersiapkan

0  comments

By : Marcelina R Suganda 

Pada masa kini, beberapa orang yang melabel dirinya sebagai Coach. Seringkali kita dengan mereka yang menjadi Life Coach, Business Coach, Wellness Coach, Career Coach, dll. Tampaknya memang dunia coaching ini, menjadi profesi yang menarik untuk ditekuni untuk dapat memberikan dampak atau manfaat bagi kehidupan orang lain. Adanya profesi ini, juga diteliti lebih dalam oleh International Coaching Federation (ICF).

Dalam salah satu artikel yang ditulisnya tentang Coaching di masa yang akan datang, bahwa estimasi jumlah market atau penghasilan yang akan di dapat pada tahun 2022 ini dari program coaching sendiri mencapai $20 juta USD (Yap! 20 juta dollar). Yang mana artinya industry coaching ini bergerak dengan cepat serta menumbuhkan permintaan pasar. Dan dilihat hal ini yang masih akan bertumbuh ke tahun-tahun ke depan. 

Namun, saat kita mengetahui bahwa pasar coaching ini bertumbuh, sebagai seorang Coach atau ingin memulai profesi sebagai Coach, kita juga perlu mengetahui bagaimana kita dapat bertahan dan memberikan kontribusi dalam industri ini. Seorang Coach atau bahkan yang baru memulai sekalipun perlu menyadari benar bahwa banyak orang yang melabel dirinya sebagai Coach tapi juga tidak bertahan dalam profesi ini. Hanya ada sedikit orang yang benar-benar sukses dalam menekuni profesi ini. Biasanya tidak lain, pengalaman dalam proses coaching lah yang menumbuhkan setiap orang sehingga seorang Coach dapat menjadi professional dalam industri ini. Dan mungkin Anda menyadari juga bahwa dengan perkembangan teknologi yang luar biasa pada 1 dekade belakangan ini, juga menunjukkan bahwa ada perubahan perilaku para coachee, yang lebih menginginkan proses coaching yang mengutamakan hubungan atau relasi yang baik dengan Coach, bukan hanya sekedar hubungan professional belaka. 

10-30 TAHUN TREND COACHING YANG PERLU ANDA KETAHUI

Mengamati industri coaching yang ada saat ini, Julia Stewart seorang Coach Mastery juga menunjukkan bagaimana pergerakan industri ini sampai dengan 30 tahun ke depan.

10 Tahun20 Tahun30 Tahun
– Penambahan jumlah profesional coach yang mana dalam hal ini akan meningkatkan persaingan
– Program coaching akan lebih mudah dijangkau oleh umum
– Proses delivery program coaching yang jauh lebih mudah dengan adanya teknologi
– Biaya coaching akan sangat beragam tergantung segmentasi pasar masing-masing – Akan bermunculan regulasi nasional di berbagai negara yang akan mengatur standar coaching
– Banyak lembaga coaching yang akan membantu meningkatkan skill coach dan menyiapkan program sertifikasi
Coaching akan menjadi profesi yang mendewasakan dan proses yang berkualitas akan berdampak pada teknologi dan isu global seperti climate change dll.

– Merupakan hasil dari sebuah coaching, bahwa banyak manusia yang akhirnya terdorong untuk menghidupi value-nya dalam hidup, sehingga banyak orang akan meningkatkan standarnya pada Coach yang akan mereka percaya / rekrut.
– Kehidupan dunia secara global akan bergumul pada isu-isu seperti climate change, AI, pandemi, dll. 

Coaching akan lebih banyak berlangsung secara virtual. 

Coaching akan semakin digunakan di berbagai sektor. Banyak orang akan menggunakan Coach dalam proses transformasi kehidupan mereka. “Which means virtually everyone will have a coach.”

Dengan melihat perkembangan industri coaching ini sampai 30 tahun mendatang, bagaimana Anda dapat menyikapinya untuk bertahan dalam profesi ini? Maka melihat dari perjalanan industri coaching yang akan datang diperkirakan pula trend yang akan bermunculan dalam program-program coaching.

Trend ini sudah kami rumuskan dan kategorisasikan dengan lebih singkat sehingga dapat lebih mudah Anda persiapkan untuk menjawab tantangan tren coaching ke depannya.

7 TREN COACHING YANG WAJIB DIPELAJARI COACH

1. Virtual Coaching – proses coaching saat ini akan menjadi lebih mudah dengan teknologi dan dapat dilakukan secara online atau virtual. Ini adalah salah satu manfaat yang dapat Anda gunakan untuk program coaching Anda. Namun, Anda juga perlu mengingat untuk tetap menambahkan program yang bertemu tatap muka langsung untuk meningkatkan value dari proses coaching yang ada.  

2. Human Touch – Di tengah maraknya penggunaan teknologi, maka akan ada titik dimana dunia akan mengalami kejenuhan dengan segala kecanggihannya. Maka sisi emosional dan sentuhan humanis diperlukan untuk dapat memasuki proses coaching ke level yang lebih mendalam. Dalam hal ini, Coach perlu untuk membangun relasi dengan Coachee. Ada satu quote yang cukup menarik perhatian, berbunyi, “Stop building “Network”, build “Relations”. 

3. Less Than A Luxury – Pada masa sebelumnya, yang dapat mengikuti program coaching seringkali hanyalah orang di level eksekutif. Atau mereka yang memiliki budget yang cukup untuk merekrut seorang Coach. Namun tren yang akan terjadi, banyak sektor yang akan makin membutuhkan peranan seorang Coach. Sehingga melakukan program coaching tidak akan terkesan mahal dan hanya untuk spesifik orang tertentu saja. 

4. Niche Coaching – Seorang Coach yang generalis tidak lagi akan menarik di masa yang akan datang. Seorang Coachee akan mencari Coach yang lebih spesifik seperti Career Coach, Human Capital Coach, Business Coach, Sport Coacg dll. Maka sebagai orang yang ingin bertahan dalam industri ini, Anda perlu mencari keunikan dan spesifikasi sesuai dengan pasar yang Anda tuju.

5. Coaching Fees Will Level Off – Bukan menjadi suatu rahasia lagi banyak orang mengatakan bahwa biaya coaching cenderung mahal, itulah hanya sebagian profesi saja yang akhirnya membutuhkan Coach. Namun tren di masa yang akan datang menunjukkan bahwa akan terjadi penurunan terhadap biaya coaching ini. Biaya ini akan terbagi menjadi proses coaching untuk sebuah grup yang memang membutuhkan kualifikasi dan sertifikasi Coach di level yang tinggi; dengan grup yang dengan biaya yang lebih dapat dijangkau oleh banyak orang, namun Coach hanya memiliki kualifikasi dan sertifikasi yang standar.

6. Growth – Pasar dalam dunia coaching sendiri menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Pada tahun 2016 ICF sendiri telah mencatat ada 53.300 Coach di seluruh dunia yang mana jumlah ini meningkat 12% dari tahun 2012. Kalau saja peningkatan ini setara untuk 8 tahun berikutnya, maka diperkirakan akan ada lebih dari 65.000 orang yang akan menggeluti profesi Coach ini.

7. Peer Coaching – Salah satu tren yang juga perlu kita ketahui dan waspadai adalah peer coaching akan mulai marak, dimana seorang dapat melakukan proses coaching pada kelompoknya. Hal ini akan sering dijumpai pada komunitas, organisasi/ perusahaan atau bahkan sekolah. Peer Coaching ini akan menunjukkan tingkat kehadiran yang cukup baik, namun secara kualitas masih dikiritisi.

________________________________________________________________________

Itulah 7 tren dalam dunia coaching yang mulai perlu Anda perhatikan dan persiapkan. Namun saat Anda bingung ingin mulai darimana, sebenarnya Anda bisa menerapkan beberapa hal yang penting untuk menghadapi tren coaching ini. 

Review kembali kompetensi diri terbaik Anda. Apakah keahlian Anda dalam dunia sports atau olah raga, atau misalnya Anda memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan di dunia manajemen / HRD. Sehingga keahlian atau penguasaan topik khusus ini akan membawa Anda menemukan sector yang lebih spesifik dalam pasar coaching ini. Sehingga Anda memiliki branding yang sesuai dengan keahlian Anda, misalnya sebagai Sales Coach, HC Coach, Career Coach, dll. 

Continuous Learning adalah kata kunci yang paling tepat baik untuk Anda yang baru memulai coaching atau Anda yang sudah bergerak lama dalam industri ini. Banyak metode dan ilmu baru yang bisa Anda kembangkan. Mengikuti program sertfikasi sampai ke level yang paling tinggi akan membuat Anda menjadi Coach yang berkualitas dan dapat diperhitungkan. Points of You Academy dapat menjadi salah satu pelengkap kualifikasi dan sertifikasi Anda dalam dunia coaching.

✅ Praktek praktek praktek, tidak ada kata lain selain Anda terus mencoba melakukan proses coaching dengan berbagai media atau metode yang telah Anda pelajari. Coach yang diperhitungkan di masa yang akan datang adalah Coach yang memiliki sejumlah pengalaman dan portofolio dalam melakukan proses coaching. Banyak coach yang juga merasa stuck karena tidak tahu harus mulai darimana untuk melakukan praktek coaching. Salah satunya terlibat aktif bersama tribe Points of You Indonesia akan membawa Anda memiliki berbagai pengalaman praktek yang tidak ternilai. (Tribe hanya untuk lulusan Akademi dari Points of You)

Kini saatnya benar-benar melakukan persiapan untuk menghadapi dunia coaching di masa yang akan datang. Saat Anda ingin segera memulainya dan mempersiapkan masa depan Anda dalam industry ini, Anda juga dapat berkonsultasi dengan tim Points of You Indonesia dan terhubung di www.pointsofyou.id/letsconnect .

READING CLUB

Stewart, Julia. (2018). Coaching Trends & Future of Coaching. schoolmastery.com. 2022 September 20. 

Blackbyrn, Sai. (2022). 30 Coaching Trends That You Must Know [2022 Edition]. coachfoundation.com. 2022 September 20. 

Willis, Rebecca. (2021). 3 Trends That Will Shape The Future of Coaching. coachingfederation.org. 2022 September 20.

Written by :

Marcelina Suganda

COO Sinergia Consultant, Expert Points of You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You may also like

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350