June 26

SPEAK UP : Coaching Tools Terbaru Dari Points of You

1  comments

By: Marcelina R Suganda

Setelah beberapa tahun berjalan dengan media terakhir yang dibuat oleh tim Points of You saat pandemi, kini tim Points of You pusat telah meluncurkan tool terbarunya dengan pendekatan yang juga baru. Tepatnya di akhir Mei kemarin yang juga secara resmi diluncurkan dalam momen ATD (Association For Talent Development) di San Diego. Tools ini disebut sebagai SPEAK UP, dengan desain yang unik dan juga baru dan muncul dengan satu harapan yang baru juga dalam membantu kondisi ekonomi global pasca pandemi ini. 

Bahkan di Indonesia sendiri, melalui beberapa event dan gathering telah memperkenalkan tool terbaru ini secara offline, sehingga Points of You Indonesia tribe dapat langsung melihat dan merasakan tool ini. Dan rencananya tool ini pun akan segera dapat diperoleh di Indonesia pada bulan Juli mendatang. 

Introducing New Coaching Tools for Corporate

Maka, untuk tribe atau Anda yang belum sempat mencoba tool ini dan ingin tahu apa beda tool ini dibandingkan tool yang lainnya; Juga melihat manfaat paling penting dari tool SPEAK UP ini, artikel ini diharapkan dapat membantu memberikan Anda gambaran tentang tool terbaru ini ya…

MENGAPA SPEAK UP?

Speak Up, nama yang sederhana bukan? Dan seperti biasa, keunikan nama, pemberian judul serta kesederhanaan dari Points of You ini yang seringkali banyak membantu Coachee dalam proses coaching. Sebab, sama halnya dengan tools pendahulunya, bahwa tools Speak Up ini juga didesain untuk dapat digunakan dalam proses coaching. Points of You masih tetap dalam jalur memproduksi Coaching Tools ini, namun pada seri kali ini memiliki tujuan yang cukup berbeda. 

Kalau mendengar kata Speak Up sendiri, apa yang terpikirkan di kepala Anda pertama kali? Saat kami pun mencoba menggali, keyword yang muncul ini, kebanyakan orang menjawab dengan komunikasi. Benar saja, justru komunikasi inilah yang menjadi salah satu pondasi pembuatan tool Speak Up, juga menjadi sasaran dalam penggunaan tool ini. 

Sharing and Communication with Speak Up Tools

Komunikasi ini seringkali diartikan dengan sangat sederhana, yaitu sekedar menyampaikan dan menerima pesan. Namun saat kita dapat melihat suatu peluang yang lebih dalam dari proses komunikasi ini, justru akan memiliki dampak yang jauh lebih besar, bukan hanya saling bertukar pesan, tapi juga dapat membangun sebuah budaya untuk berdialog. Dengan proses berdialog, dapat menciptakan suatu peluang-peluang baru yang dapat memberikan dampak lebih besar pada misi atau tujuan seseorang. Minimnya proses dialog, membuat ruang gerak seseorang menjadi lebih terbatas sehingga juga menghasilkan dampak yang minim. 

Apalagi jika hal tersebut atau isu yang muncul ini dibawa di tempat kerja. Proses dialog menjadi hal yang sangat krusial di tempat kerja. Penelitian menunjukkan bahwa proses dialog yang terbuka antara karyawan dan manajer akan menghasilkan kepercayaan, proses pemecahan masalah yang lebih cepat dan juga budaya kerja yang lebih positif. Dimana hal ini tentunya akan menghasilkan indeks kepuasan karyawan yang baik dan komitmen terhadap organisasi.

Tim Points of You menyadari betul hal ini dan betapa signifikannya proses komunikasi yang efektif di tempat kerja. Maka dari itu, mereka melakukan sejumlah riset dan pengembangan untuk dapat membantu organisasi memberdayakan proses dialog di internal mereka sehingga menghasilkan budaya yang positif dan saling percaya di tempat kerja. Dan pada setiap organisasi yang sukses, selalu ada sebuah budaya berdialog yang baik. Mereka juga memberikan ruang untuk melakukan percakapan, inovasi, pengembangan sehingga mengarah pada kesuksesan. 

Dengan SPEAK UP, tim Points of You percaya dapat memberikan dampak pada setiap orang dalam sebuah organisasi untuk dapat menyampaikan suaranya, mengekspresikan apa yang menjadi pendapat pribadinya agar dapat memperkuat proses pada suatu hasil yang ingin dicapai serta membangkitkan motivasi seseorang dengan kualitas komunikasi yang baik.

APA BEDANYA DENGAN KARTU LAINNYA?

Banyak sekali yang menanyakan hal ini pada tim kami. Mungkin setelah Anda mengenal latar belakang di atas, Anda sudah dapat memperkirakan tujuan besar dari tool ini diciptakan. Benar, bahwa SPEAK UP ditujukan pada proses membangun suatu budaya dan membentuk suatu nilai atau value pada suatu organisasi atau perusahaan. Maka, beberapa keyword, kata serta pertanyaan yang dipilih tentunya mengarahkan pada tujuan tersebut. 

Pada tool kali ini, Anda akan lebih, banyak menemukan kata kunci yang berkaitan dengan organisasi seperti adaptability, collaboration, empowerment, dll. Dimana kata kunci ini didesain secara khusus untuk dapat memicu hal atau isu yang memang berkaitan dengan isu organisasi. 

Dan pada tool kali ini, kalau Anda biasanya menemukan tool Points of You dalam orientasi landscape, namun khusus di SPEAK UP ini, tool didesain dengan menggunakan orientasi portrait. Hal ini juga berkenaan dengan bagaimana konten dan material digital saat ini yang sangat banyak diadaptasikan dalam bentuk portrait. Mengikuti perkembangan tersebut, tim Points of You mengembangkan orientasi kartu foto kali ini dengan bentuk portrait.

Speak Up Tools Portrait Photo

Tidak hanya orientasi kartu foto yang mengikuti perkembangan teknologi, namun juga dalam proses coaching itu sendiri telah diadaptasikan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya dalam sebuah tools Points of You selalu diikuti buku cerita / story yang memang relevan sesuai dengan kartu fotonya. Buku tersebut tetap ada dan tetap menjadi bagian dari tool tersebut, bedanya story kali ini bisa dibaca sendiri oleh coachee Anda, melalui QR code yang telah disertakan dalam kartu kata yang ada. Sehingga coachee Anda dapat secara mandiri melakukan scan terhadap QR, membaca ceritanya dan merefleksikannya. 

Dan yang paling unik dan menjadi idola adalah dimana Points of You membuat tools tersebut dengan kreativitas yang unexpected. Maka layout chart kali ini, Anda akan terima dalam bentuk magnet, yang bisa ditulis dan dihapus seperti whiteboard dan bahkan Anda akan mendapatkan magnet-magnet kecil yang membuat suasana coaching Anda makin menjadi hidup.

Layout Chart Speak Up Tools

Its’ Time for Doing! 

Ada yang malah makin penasaran dan ingin segera memegang kartu dan tools terbaru ini? Tenang saja, barang ini akan segera dapat kita peroleh di Indonesia yaa.. Anda dapat melakukan Pre-Order terlebih dahulu, melalui TIM POINTS OF YOU INDONESIA dan menghadiri Grand Launch Speak Up di Indonesia pada 18-19 Agustus mendatang dalam acara HC Conference di Plaza Indonesia, Jakarta. 

Untuk mengetahui detail mengenai Grand Launch dalam HC Conference ini, Anda juga bisa terhubung dengan tim kami di www.pointsofyou.id/LetsConnect 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You may also like

MENDENGARKAN APA YANG TIDAK TERSAMPAIKAN

MENDENGARKAN APA YANG TIDAK TERSAMPAIKAN

Get in Touch

Name*
Email*
Message
0 of 350