July 28

COACHING CIRCLE ~ WELCOME TO THE NEW ADVENTURE

0  comments

By : Marcelina R Suganda

Tribes, mungkin belakangan ini seringkali mendengar di Whatsapp Group ataupun melalui media sosial Points of You yang membahas tentang circle. Mungkin ada yang langsung terkoneksi dengan pengalaman personal yang sudah mempunyai inner circle dalam kehidupan sehari-hari. Namun, mungkin masih ada juga yang bingung sebenarnya apa yang dimaksud dari Coaching Circle yang dikabarkan ini.  Kali ini, kami akan menjelaskan lebih lengkap apa itu circle dan bagaimana Points of You Indonesia mempunyai impian untuk terus mengembangkan circle ini. 

THE REASON BEHIND

Bukan tanpa sengaja, Coaching Circle ini menjadi sebuah program yang dicita-citakan untuk lebih konsisten yang ditujukan utamanya adalah untuk Points of You Indonesia tribes. Terutama untuk mereka yang sudah pernah mengikuti program dalam akademi dan ingin memperdalam profesi mereka sebagai seorang Coach. 

Program ini memang bermula dari Local Uplifting dan Points of You Talk, yang pernah berjalan rutin di bulan-bulan sebelumnya dengan menghadirkan para praktisi, tribes, master dari Points of You untuk dapat berbagi pengalaman praktisnya. Apalagi Local Uplifting sendiri bermula dari kondisi pandemi dan dilakukan dengan tujuan untuk dapat saling berbagi energi serta inspirasi di tengah masa krisis. Namun, pada akhirnya masa ini telah berlalu, kehidupan terus berjalan dan petualangan baru menanti di depan mata. 

Kini saatnya Tribes juga mulai kembali menerjuni aktivitas dan bahkan passion mereka dalam membantu mengembangkan dan mendampingi orang lain, menjadi Coach yang makin banyak menginspirasi baik di negeri sendiri ataupun berencana expand ke negeri seberang. Meski begitu, kita perlu mengetahui, bahwa seorang Coach pun perlu terus untuk “mengisi” dirinya dengan berbagai macam kompetensi, pengalaman, tren terbaru sehingga saat seorang Coach mendampingi Coachee mereka pun menjadi seseorang yang memiliki sumber daya atau resourceful.  

Itulah kenapa Coaching Circle ini adalah sebuah program yang akan menjadi wadah bagi Coaches, Tribes, untuk dapat terus mengembangkan diri dengan berbagai macam keilmuan, studi kasus dan juga tren dalam dunia coaching. 

THE PURPOSE OF COACHING CIRCLE

Tentunya, kami tidak hanya ingin sekedar membuat program ini berjalan tiap bulan. Lebih dari itu Coaching Circle ini juga ingin memiliki manfaat lebih bagi semua tribe. Dari sebuah tulisan dari Kumparan, menginspirasi kami dalam menciptakan sebuah circle. Sebab layaknya circle ini ada untuk membantu seseorang berkembang. Maka itulah ada sebutannya sebagai inner circle, learning circle, travel circle, dan lain sebagainya. Dimana circle tersebut memiliki tujuan yang jelas dan setiap orang di dalamnya saling memberikan dukungan. 

Hal yang sama pun menjadi impian Points of You Indonesia, untuk dapat saling bergandengan tangan dengan Tribes, untuk mewujudkan circle yang positif, saling mendukung, juga saling mengembangkan satu sama lain. Dengan adanya circle ini bukan berarti juga menjadi sebuah lingkaran yang eksklusif, justru circle ini dapat terbuka dengan kemungkinan orang lain yang dapat bergabung saling berbagi serta saling menginspirasi. Selama juga orang tersebut memiliki satu tujuan yang sama yaitu untuk dapat membantu lebih banyak orang melalui proses pendampingan atau coaching

Photo : L.2 Creative Practice Workshop

Circle ini pasti akan berpengaruh terutama pada kehidupan profesional Tribes terutama yang melakukan proses coaching. Pengaruh ini berkaitan dengan semakin tajamnya dan kayanya pengalaman serta pengetahuan Tribes, sehingga memiliki pengayaan yang baik dalam proses pendampingan.

Maka dengan itu Points of You Indonesia ingin menghadirkan Coaching Circle ini sebagai; 

  1. Friends indeed – Friend in need

A friend who helps out when we are in trouble is a true friend — unlike others who disappear when trouble arises. Setidaknya ini yang tertulis dalam dictionary.com, saat mencari arti idiom ini yang sebenarnya. Dan hal yang sama yang ingin dibangun dalam Points of You Indonesia Tribes ini. Mungkin kita akan sangat sering berjumpa dalam proses pembelajaran, festival dan lain-lain. Namun, kami tidak ingin hadir saat hanya momen yang menyenangkan saja, lebih dari itu kami juga ingin menjadi teman untuk dapat saling berdiskusi, bercerita, terutama saat Tribes juga mengalami momen stuck saat melakukan pendampingan. 

Kami membuka diri, untuk Tribes saling terbuka, berbagi terutama dengan tim Points of You Indonesia, Tribe Leaders yang ada dalam setiap grup, juga bersama dengan tribe lainnya dari seluruh penjuru Indonesia. Bahkan mungkin saat Anda sedang beraktivitas di kota lain, dan Anda lupa membawa tools Points of You, Anda juga bisa terhubung serta saling membantu utnuk aktivitas tersebut, bahkan beragam aktivitas lain yang memang didasari pertemanan yang mendalam bersama jaringan dari Points of You.  

  1. Mentor & Model 

Dalam program ini, kami pun akan menghadirkan berbagai macam ahli, profesi, praktisi yang dapat berasal dari negeri sendiri atau global. Dari tribes juga untuk tribes atau bahkan kita dapat belajar dari expert lain yang belum bergabung dalam tribes. Tujuan utamanya adalah memperdalam pengetahuan dan pengalaman kita sebagai Coach. Sehingga kita dapat belajar, dementor, juga memodel para expert ataupun praktisi yang dihadirkan dalam Coaching Circle ini. 

Maka, dengan ini pun, kami juga mengajak tribes yang memang memilki potensi, keilmuan, pengalaman praktis di lapangan yang dapat dibagikan ke tribes lain, untuk makin memperkaya kompetensi coaching, untuk dapat menjadi Mentor dan Model ini. Prinsipnya adalah saling menumbuhkan dan seperti campaign yang pernah kita dengar, semua murid semua guru. 

  1. Network to Collaborate 

Aktivitas satu ini pasti tidak terlepas dari kehidupan profesional. Siapa disini yang juga percaya bahwa, banyak teman banyak rezeki? Kami pun meyakini hal ini benar adanya. Maka semakin kita terlibat dalam satu komunitas, menjadi bagian circle ini dengan lebih aktif, mungkin ini saatnya kita juga saling berkolaborasi dalam aktivitas pekerjaan kita. Kita dapat saling mengenal aktivitas yang satu dengan yang lainnya, saling mendukung dan siapa tahu bahwa di kemudian hari, dapat saling bekerjasama serta memberikan dampak yang lebih masif, dibanding kita melakukannya seorang diri. 

Jangan khawatir, Points of You Indonesia pun berkomitmen untuk dapat mewadahi pertemuan ini dan menjadi jembatan bagi Tribes yang memang perlu saling berjejaring dan berkolaborasi. Anda bisa berkonsultasi dengan tim kami juga untuk dapat mengembangkan proses ini. 

Akhir kata, Coaching Circle ini dilahirkan dengan intensi yang positif bagi seluruh Tribes dan dengan harapan dapat membawa dampak bagi negeri kita tercinta ini. Kami pun percaya bahwa, untuk satu negara Indonesia yang besar ini, kami tidak bisa bekerja sendiri. 
So, tribes, let’s collaborate and see you in the next Coaching Circle! ❤️

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You may also like

MENDENGARKAN APA YANG TIDAK TERSAMPAIKAN

MENDENGARKAN APA YANG TIDAK TERSAMPAIKAN

Get in Touch

Name*
Email*
Message
0 of 350