October 24

Rekrutmen dan Interview dengan Metode Points of You®

0  comments

Interview merupakan tahap krusial dalam sebuah proses rekrutmen karyawan. Interview yang kurang tepat, dapat menyebabkan, kita merekrut karyawan yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dapat dikatakan bahwa interview merupakan proses yang diinvestasikan perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja dengan kompetensi yang dibutuhkan.

Dalam suatu kesempatan, kami berdiskusi dengan Marcelina Suganda, COO (Chief Operating Officer) Sinergia Consultant untuk berdiskusi mengenai pengaplikasian Points of You® untuk mengembangkan teknik interview. Sinergia Consultant sendiri berfokus pada produk pengembangan SDM dan membangun sistem Human Capital Architect yang berfokus pada people transformation. Marcel, sebagaimana ia biasa disapa, dengan keseharian sebagai COO yang juga bertugas untuk melaksanakan proses rekrutmen yang sangat dekat dengan proses interview.

Ada Apa Dengan Rekrutmen & Interview Jaman Now?

Menurut Marcel, sejak pemerintah Indonesia menggaungkan Indonesia Go Competence pada 2018, ada sedikit pergeseran di dunia interview. Dulu, kita mengenal teknik STAR (Situation Task Action Result) banyak digunakan oleh interviewer. Pada tahun yang sama, Sinergia Consultant juga sudah mulai menerapkan CBI (Competency Based Interview) dimana proses interview berfokus pada kompetensi.

Kemudian pada 2011, banyak perusahaan yang mulai menggunakan proses BEI (Behavioral Event Interview) yang menggali kemungkinan interviewee dalam berperilaku di perusahaan. Masuknya pandemi di Indonesia pada bulan Maret 2020 membuat proses interview mulai berkembang metode online atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal daring. Hal tersebut memunculkan pula kompetensi-kompetensi baru yang harus jadi pengamatan bersama, baik dari sisi perusahaan maupun tenaga kerja.

Namun digaris-bawahi oleh Marcel, bahwa single tool tidak ideal digunakan dalam proses rekrutmen dan interview, akan lebih baik bila menggunakan multiple tools dimana beberapa alat bantu tersebut dalam saling memvalidasi hasil satu sama lain. Salah satu tools yang juga digunakan Sinergia Consultant adalah Points of You®.

Rekrutmen dengan Points of You
Sesi Interview dengan The Coaching Game, Tools & Metode dari Points of You®

Mengapa Sinergia Consultant Memilih Points of You® untuk Pengembangan Teknik Interview-nya?

Menurut Marcel, evolusi dunia psikologi juga memberikan kontribusi perkembangan teknik interview yang selama ini banyak melibatkan disiplin ilmu psikologi, ini karena studi sosial tidak pernah bersifat statis, melainkan dinamis, karena selalu berkembang.

Lantas mengapa Points of You® yang dipilih oleh Sinergia Consultant? Sebenarnya penggunaan teknik lain sangatlah bermanfaat dalam proses interview. Namun banyak teknik tersebut menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menggali interviewee, teknik BEI misalnya, seringkali teknik ini menghabiskan waktu sampai 1 jam untuk sekali interview, ini karena dalam teknik ini seringkali interviewee kurang fokus dalam menceritakan tentang dirinya. Sedangkan, dengan Points of You® interviewee dapat bercerita secara mendalam, karena dibantu dengan media foto dari Points of You®.

Baca juga : Ada apa dengan FOTO dalam Metode Points of You®

Points of You® memudahkan interviewer untuk menggali potensi dan value yang dimiliki interviewee. Sebagai contoh, Marcel dalam proses-proses interview yang dilakukannya, kerap menggunakan pertanyaan ”Dalam 3-5 tahun ke depan, Anda ingin mengembangkan diri seperti apa?” lalu interviewee menjawab melalui foto Points of You® yang paling merepresentasikan dirinya. Adanya media foto ini dapat dengan mudah menjembatani interviewee untuk mengungkapkan dirinya yang otentik dan bercerita di level kedalaman.

Points of You® mengandalkan kekuatan visual, yakni foto. Ini karena 30% lebih bagian korteks otak manusia memproses informasi secara visual. Manusia juga banyak merekam peristiwa dalam memorinya dalam bentuk visual. Itu mengapa dalam proses interview, Points of You® sangat powerful menstimulasi interviewee menjawab pertanyaan dari interviewer secara otentik.

Awal berkenalan dengan Points of You®, Sinergia Consultant menggunakan Points of You® untuk tujuan training. Namun seiring berjalannya waktu, mereka mulai menemukan potensi besar dari Points of You® yang rupanya bisa diaplikasikan untuk coaching, konseling, asesmen, dan interview.

Dapatkah Points of You® dikolaborasikan dengan teknik interview lainnya, seperti BEI, STAR atau CBI?

Menurut Marcel, dalam proses interview sebenarnya tidak diperkenankan hanya menggunakan single tool, melainkan perlu adanya multiple tools. Misalkan BEI yang dikolaborasikan dengan STAR, CBI atau Points of You®. Pun juga karena Points of You® berguna untuk menggali value seseorang, maka untuk keperluan menggali perilaku misalnya, dapat dikolaborasikan dengan tools lain, CBI (Competency Based Interview) misalnya.

Sinergia Consultant pun menjadikan Points of You®  menjadi 1 dari 70 kumpulan alat tes untuk assessment yang mereka rangkum dalam Premium Assessment Bundles. Dimana di dalamnya juga tersedia panduan interview CBI (Competency Based Interview), video konten tentang observasi dan kalibrasi, bahkan teknik asking quetions untuk keperluan interview yang memudahkan interviewer dalam memilih kalimat-kalimat tanya. Karena interviewer juga perlu senantiasa mengembangkan alat tes dan skill seperti memilih pertanyaan dan kelincahan dalam berkomunikasi agar dapat mengendalikan perbincangan dalam interview.

Bagi para Business Owner, Manager, dan HC Practitioner yang ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana Sinergia Consultant menlakukan proses interview dengan tools Points of You®, Anda dapat terkoneksi di Instagram @sinergia_consultant.

Dan bagi Anda yang tertarik mengeksplorasi Points of You® sebagai variasi tools rekrutmen atau pengembangan SDM, Anda dapat terhubung dengan kami di Instagram @poinstofyouindonesia atau di website program kami untuk organisasi disini. Di sana ada Tim Points of You Indonesia yang siap sedia memfasilitasi transformasi Anda dan SDM Anda.

Simak juga : Ragam Aplikasi Points of You dalam dunia organisasi DISINI.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You may also like

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350