October 16

The Coaching Game Symbols: Searching for Meaning

4  comments

The 5 Symbos of The Coaching Game Card Series

Banyak yang bertanya kepada saya, “Mel, simbol-simbol ini ada arti khusus?”

Pertanyaan ini seringkali muncul tidak hanya dari peserta workshop yang saya fasilitasi, tapi juga dari teman atau sahabat yang saya ajak bermain dengan The Coaching Game, coaching tools pertama Points of You®.

Benar jika Anda mengamati di pojok kiri bawah kartu-kartu foto The Coaching Game, Anda akan mendapati simbol kecil disana. Daripada makin penasaran, maka saya akan mengupasnya untuk Anda ya…

Pertama-tama, kita mulai dulu ya dengan dots berwarna-warni yang menjadi ciri khas Points of You®. Dots-dots ini mewakili ragam sudut pandang. Begitu banyak warna di dunia ini yang tidak terbatas jumlahnya, mau menggambarkan banyaknya sudut pandang manusia yang begitu luar biasa. Secara misterius mereka saling terkoneksi dan menghadirkan pemahaman baru dalam kehidupan kita.

Seperti bintang-bintang ✨ di langit, mereka memancarkan cahayanya dan terkoneksi secara misterius untuk membawa makna baru. Melalui mereka inilah, kita menginterpretasikan dunia ini. ?

Setiap kartu di The Coaching Game punya sebuah simbol yang merepresentasikan satu dari lima seri : Journey (Perjalanan), Doing (Tindakan), Opportunities (Peluang), Difficulty (Kesulitan), dan Just Be (Jadilah).

Simbol-simbol ini diciptakan seperti peta bintang-bintang: titik-titik itu saling terkoneksi oleh garis lurus yang membentuk sebuah pesan spesial untuk masing-masing dari kita.

Disinilah Points of You berkomunikasi dengan Saya, Anda, dan Mereka yang sedang berada dalam pejalanan pencarian dirinya. Mari menyelam lebih dalam….

(Just Be Series)

JUST BE

Ikon Just Be dalam kartu foto diwakili dengan satu titik di tengah lingkaran (Buku The Coaching Game hal. 68).

Dalam The Coaching Game, ikon ini merepresentasikan diri kita yang sesungguhnya dan sekaligus gap/ jarak antara bagaimana kita merasa di dalam diri kita dengan bagaimana kita mengekspresikan diri kita pada dunia di sekitar kita. ?

Titik di tengah lingkaran ini merupakan simbol kuno yang memiliki beragam makna. Dalam budaya Mesir Kuno, ikon ini merepresentasikan matahari dan Dewa Ra – dewa matahari. Dalam dunia Alchemy (Alkimia), ikon ini menjadi simbol emas. Dalam Pythagoras, ikon ini merepresentasikan potensi dan pada budaya lain, ikon ini merupakan simbol dari mata dan kekuatan melawan kejahatan. ?

Jadi, pertanyaan untuk kita semua, “Do I allow myself to be me?”

_____

(Journey Series)

JOURNEY

Anything  is one of a million paths. Therefore, one must always keep in mind that a path is only a path…  There is a question that one must ask: ‘Does this path have a heart?’ ?

“A path without  a heart has no advantage.” ~ Carlos Castaneda

Dua titik, dalam dua sisi lingkaran yang berlawanan – terkoneksi dengan sebuah garis vertikal.

Dalam The Coaching Game, icon ini merepresentasikan perjalanan mental diantara dua sudut pandang, dari poin A menuju poin B, sebuah proses pemahaman dan kesadaran. ✨

Garis vertikal seringkali terhubung dengan logika dan struktur. Dalam matematika, garis vertikal ini digunakan untuk mendefinisikan jarak, pembagian, nilai absolut, dan sebagainya. Ketika diletakkan di dalam lingkaran, garis vertikal ini terkoneksi dengan daya dan listrik.

Sedangkan dalam area spiritual, membagi lingkaran menjadi dua bagian identik, memberi kesan dualisme atau dua sisi berlawanan yang secara bersama-sama mampu melengkapi sebuah entitas secara penuh. Anda ingat lambang Yin Yang?

_____

(Difficulty Series)

DIFFICULTY

“Siapa yang tidak pernah mengalami KESULITAN?”

Dalam The Coaching Game, kesulitan ini disimbolkan dengan lingkaran, 3 titik dan segitiga terbalik. Ini merepresentasikan ‘warning sign’ yang menandakan tantangan, sesuatu atau seseorang yang menarik Anda ke bawah.

Maka ini mengingatkan saya, bahwa setiap hari, kita perlu mempersilakan gelap hadir ?agar kita dapat melihat bintang ✨. Semakin gelap, semakin kita melihat bintang dengan jelas. Namun ternyata walau gelap sudah muncul, kita tidak selalu dapat melihat bintang.

“How do difficulties affect me?“

Dalam bahasa universal, tanda rambu lalu lintas yang berupa segitiga terbalik ini disebut ‘Yield Sign’. Artinya Anda harus memberikan hak jalan pada pengguna jalan lainnya.

Sedangkan dalam Alchemy (Alkimia), simbol ini mewakili elemen air yang mengalir ke bawah. Dalam berbagai kebudayaan, ikon ini melambangkan energi feminin, rahim, dan sosok perempuan.

Segitiga secara umum juga mewakili keterhubungan antara tiga entitas seperti masa lalu – sekarang – masa depan; atau ayah – ibu – anak.

______

(Doing Series)

DOING

GO GO GO!!!

Ikon dari seri DOING ini dibuat dari sebuah lingkaran dengan 2 garis yang bersilangan dan satu titik.

Dalam The Coaching Game, icon ini merepresentasikan aspek praktikal dalam hidup. Target yang berfokus pada satu destinasi,  membantu kita untuk mengambil tindakan dan mencapai hasil.

Dalam Astrologi, ini adalah simbol planet Bumi (globe dengan garis equator dan meridian). Kita juga mempelajarinya dari Tribe Indian Amerika, icon ini menyimbolkan Empat Elemen: ? Api, ? Udara, ? Air, ⛰️Tanah – yang menyatu dalam satu pusat kekuatan (power).

Yaron Golan, kreator Points of You mengatakan bahwa, “Kita tidak memiliki kontrol penuh atas hasil, namun kita dapat mempengaruhinya melalui konsistensi dan aksi yang tepat!” ?

Ini tiba-tiba mengingatkan saya pada KEJELIAN kita dalam mengobservasi foto ? – yang mana merupakan proses DOING dalam memainkan tools Points of You. Melatih kecerdasan visual kita tidak hanya sekali, seminggu atau sebulan. Agar kita bisa semakin terampil dalam mengobservasi foto, maka konsistensi dan aksi yang tepatlah yang akan menambah kejelian Anda.

“So, what do I avoid doing?”

______

(Opportunities Series)

OPPORTUNITIES

Simbol yang paling sering dipertanyakan. Simbolnya berbentuk lingkaran dengan 5 titik yang terkoneksi oleh lambang bintang.

Dalam The Coaching Game, ikon ini merepresentasikan semua kemungkinan yang tersebar di sekitar kita di setiap saat✨. Hal yang perlu kita lakukan hanyalah melihat, mengamati, memilih dan menyatakannya.

Simbol ini juga disebut pentagram atau pentacle, yaitu salah satu simbol tertua di dunia dan dapat ditemukan di banyak keyakinan dan budaya. Simbol ini memiliki banyak lapis makna – mulai dari makna kehidupan, cinta, kesatuan dan keutuhan untuk melindungi kita dari berbagai kekuatan jahat. Ikon ini jug mengajak kita untuk mengingat kembali 5 elemen di alam ini: api, udara, air, tanah dan ruh/ spirit – yang semuanya menuju pada pencarian Ilahi yang hakiki.

_______

Nah teman-teman, selesai ya rangkaian makna ke 5 simbol dalam The Coaching Game kita. Semoga ini menjadi dasar pemaknaan yang kuat bagi Anda dalam setiap proses coaching, konseling, training atau konsultasi yang Anda fasilitasi. Saya percaya, ke-5 simbol ini tidak hanya menjadi pegangan kita di hadapan Coachee, Kliem, atau saat di depan kelas saja, namun dapat dihidupi juga dalam setiap langkah kehidupan sehari-hari.

Selamat berakhir pekan dan menikmati lagu pause ini, sambil menanyakan dalam diri Anda:

“What opportunities are knocking at my door?”

Bunch of heARTs for you,

Amelia Hirawan

Country Leader

Points of You Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You may also like

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) YANG MENGANCAM PROFESI COACH, TRAINER, MENTOR DAN KONSULTAN

Get in touch

Name*
Email*
Message
0 of 350