7 BENEFIT COACHING TOOLS Part #1

“Apa sih susahnya jadi Coach? Kan, cuma dengerin orang ngomong dan bertanya saja”

“Ah, seandainya saja fungsi Coach dan proses coaching sesederhana yang dibayangkan”

Sebenarnya apa yang terjadi dalam proses coaching?
Apakah semudah yang dibayangkan orang?
Apa hal terpenting dari sebuah coaching?
Bagi saya, esensi coaching adalah pergerakan, bisa berupa tindakan ataupun cara berpikir. Penting !! bahwa seusai sesi coaching, seseorang mampu melakukan minimal satu tindakan atau memiliki sudut pandang baru. Oleh karena itu, seorang Coach biasanya dibekali dengan kemampuan mengajukan pertanyaan secara powerfull agar Coachee mengalami pergerakan. Sayangnya, proses coaching seringkali tidak berjalan seindah bayangan. Coachee yang tertutup, kesulitan menyampaikan ide pikiran, stuck merupakan tantangan tersendiri dalam proses coaching. Lalu, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini?
Dalam sesi coaching, saya selalu menggunakan tools untuk membantu proses coachee melakukan inner research, menemukan hal – hal yang unexpected, menggali impian dan mengidentifikasi tindakan. Melalui tools yang saya gunakan, ternyata memberikan penguatan kepada coachee dan membuat kondisi mereka lebih baik dari sebelumnya.

Apa itu Coaching Tools?

Coaching tools merupakan media / alat yang digunakan selama proses coachingagar seseorang menemukan sudut pandang dan pemahaman baru. Dengan demikian Coacheebisa mendapatkan pencerahan terhadap issue yang sedang dihadapi.
Ada banyak ragam coaching tools yang beredar di pasaran, seperti lembar kerja (worksheet), coaching board dan lainnya. Menariknya, saya menemukan coaching toolsyang diciptakan secara kreatif dan inovatif. Hal ini terlihat dari kemasan yang artistik, produk yang menarik dan metode yang disusun secara magically. Alat ini dikenal dengan sebutan Points of You®, dimana seseorang dapat berpetualang ke dalam diri sendiri stimulus panca indera yang dimiliki.
Pertanyaannya sekarang, seberapa besar coaching tools bermanfaat dalam proses coaching? Kami telah merangkum 7 benefit menggunakan coaching tools :

#1 EFFECTIVE DIALOGUE

Tidak dapat disangkal, keberhasilan proses coaching bergantung dari bagaimana Coach berelasi dengan Coachee. Coach perlu memiliki kemampuan membangun relasi yang hangat dan terpercaya. Namun, tidak semua Coach sabar dan telaten melakukan hal ini. Padahal, seringkali proses coaching tidak berjalan efektif akibat relasi yang belum terbangun dengan baik.
Penggunaan coaching tools, menciptakan kondisi coaching yang nyaman, karena emosi Coacheeberpindah dari masalah yang dihadapi ke tools yang digunakan. Dalam konteks coaching tools yang biasa saya gunakan, seseorang seolah – olah menceritakan gambar yang ada di kartu Points of You®, namun sebenarnya ia menceritakan kondisi yang terjadi pada dirinya.

#2 BYPASS LOGIC

Pernahkah Anda mengalami, seseorang curhat dengan cerita yang panjang namun diakhir cerita, tidak jelas apa yang menjadi masalah sesungguhnya? Dan Anda sendiri juga kesulitan menemukan akar masalahnya?
Inilah saatnya menggunakan bantuan coaching tools untuk membantu penggalian masalah sesungguhnya.
Mengapa?
· Karena tidak semua orang dapat mengkomunikasikan idenya dengan baik dan jelas apalagi dalam kondisi kesadaran penuh.
· Banyak hal yang tidak disadari seseorang dan sulit untuk diungkap hanya melalui pertanyaan – pertanyaan.
· Hal – hal yang menyakitkan atau membuat tidak nyaman cenderung disembunyikan.
Dengan coaching tools Points of You® mampu menembus batas logika seseorang, menggali pengalaman hidup dan nilai – nilai yang diyakini individu.

#3 DEALING WITH NET GENERATION

Salah satu kendala dalam berkomunikasi atau bekerjasama adalah perbedaan pola dan sudut pandang. Mengakomodir pola komunikasi “Net Generation” yang lebih banyak menggunakan bahasa visual dibandingkan verbal, maka penggunaan coaching tools menjadi hal yang menarik. Metode visual yang dibangun dalam Points of You® dengan mudah diterima oleh berbagai generasi terutama generasi millennial.
Melalui media visual yang didesain secara artistik, seseorang menjadi nyaman dan lebih terbuka dengan stimulus yang muncul dari gambar – gambar yang tertera pada kartu Points of You®. Dengan respon yang positif, tentunya seseorang dapat lebih membuka diri untuk melihat dari sudut pandang lain dan menemukan alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi

#4 EXPANDING

Dalam proses coaching, peran Coach sangat penting dalam membangkitkan kesadaran Coachee. Saat kesadaran sudah muncul maka perlahan – lahan akan muncul penemuan insightdalam diri yang berujung pada tindakan. Membangkitkan kesadaran Coachee artinya memperluas sudut pandang dan pemikiran.
Hal yang sering dilakukan untuk memperluas sudut pandang dan pemikiran adalah melalui pertanyaan. Pernahkah Anda merasakan bahwa pertanyaan yang Anda ajukan terlalu dangkal dan tidak cukup kuat menguak sisi blind spot Coachee? Apa yang Anda lakukan setelah mengkonfirmasi insight yang didapat Coachee, ternyata jawabannya seperti ini :
  • Saya tidak melihat apa – apa Coach
  • Saya tidak menemukan sesuatu Coach
  • Saya merasa sama saja, tidak ada perubahan
Seseorang akan mampu menemukan peluang apabila ia melihat. Itu sebabnya coaching tools yang dibuat secara visual seperti Points of You® sangat membantu seseorang untuk lebih terbuka menerima stimulus. Beberapa gambar yang tercantum pada kartu akan sangat membantu membuka pikiran dan menggerakkan ke sudut yang lain. Kondisi ini memberdayakan seseorang karena mendapat insight secara langsung dari alat yang digunakan.

About the Author